3 Kunci Utama dalam Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia

Usaha di bidang apapun akan mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha, masyarakat dan negara. Ada banyak sektor industri yang berperan dalam meningkatkan perekonomian negara. Tapi perkembangan industri kreatif di Indonesia tengah menjadi fokus pemerintah saat ini.

Pemerintah, melalui kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif mengajak semua masyarakat untuk memaksimalkan bidang pariwisata dan juga sektor ekonomi kreatif yang terkait. Sebagai contoh, kamu dapat berkreasi dalam bermusik, fashion, kuliner, aplikasi, pariwisata, dan lain-lain.

Keuntungan Perkembangan Industri Kreatif  

Selain mendatangkan banyak keuntungan, pengembangan industri kreatif juga akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian negara.

Seperti yang Menparekraf Sandiaga Uno sampaikan bahwa untuk meningkatkan industri kreatif, kamu perlu menggunakan cara yang tepat dan praktis. Dengan mengimplementasikan cara tersebut, kamu dapat menghadapi perubahan besar yang terjadi di sektor industri parekraf. Silahkan klik disini untuk melihat inspirasi ragam ekonomi kreatif.

Cara Mengembangkan Industri Kreatif di Indonesia 

Kamu perlu meningkatkan skill dan pengetahuan supaya bisa berpartisipasi dalam mengembangkan industri kreatif. Untuk mengembangkan industri kreatif ini, Indonesia bisa menggunakan tiga kunci utama dari kemenparekraf, seperti berikut:

  • Inovasi

Perkembangan teknologi selalu memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis. Dari segi inovasi ini, kamu dapat memanfaatkan berbagai platform digital untuk memasarkan produk kreatifmu. Platform digital mempunyai jangkauan luas dan jauh lebih efisien.

Tak heran jika platform digital ini menjadi sarana yang efektif dalam strategi marketing. Mengingat semakin banyak masyarakat yang menggunakan platform digital untuk berkomunikasi, berbelanja, atau sekedar mencari hiburan, maka kamu bisa berinovasi dalam memasarkan secara digital.

  • Adaptasi

Setiap pelaku usaha harus pintar beradaptasi dalam berbagai kondisi demi kelangsungan bisnis tersebut. Pandemi covid19 telah mempengaruhi seluruh sektor bisnis. Tapi kamu bisa tetap bertahan dalam mengelola industri kreatif ini asalkan mampu beradaptasi dengan situasi seperti sekarang ini.

Pada masa sekarang ini, semua masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Hal ini juga berlaku bagi pelaku usaha khususnya di bidang industri kreatif untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Secara tidak langsung penerapan protokol kesehatan seperti selalu mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, menjaga jarak akan menciptakan karakteristik ekonomi pariwisata yang baru. Jadi, kegiatan industri parekraf terus berjalan dengan tetap menerapkan kebiasaan ini.

  • Kolaborasi

Melakukan kerja sama dengan semua pihak dalam pentahelix tentu akan mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia. Pentahelix ini mengacu pada pihak-pihak yang yang terlibat dalam kerangka kerja seperti pemerintah, investor, masyarakat, media dan peneliti.

Kelima pihak tersebut saling mensupport satu sama lain agar industri kreatif ini dapat berkembang dengan pesat. Dalam berkolaborasi, kamu harus menjaga komunikasi yang baik dengan berbagai pihak.

Konsep Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pembentukan karakteristik ekonomi pariwisata yang baru ini juga mempengaruhi konsep industri kreatif maupun pariwisata. Ada tiga konsep yang harus kamu pahami agar dapat melihat prospek yang bagus dalam bidang pariwisata maupun ekonomi kreatif lainnya.

  • Attraction

Pariwisata yang cenderung menarik banyak peminat untuk saat ini ialah wisata alam dan budaya. Konsep wisata yang mengajak kamu untuk dekat dengan alam telah menjadi trend zaman sekarang. Jadi, pengelolaan desa wisata dapat menjadi peluang yang bagus dalam industri parekraf.

Wajar saja jika banyak sekali wisatawan lokal ataupun mancanegara yang rela menempuh perjalanan jauh demi menemukan tempat wisata yang jauh dari keramaian kota. Atraksi wisata ini mengusung konsep nature, eco, adventure, dan wellness (NEWA).

  • Access

Pergerakan wisatawan antar negara saat ini cukup terbatas karena pandemi, jadi menparekraf mendukung masyarakat untuk fokus pada akses destinasi wisata domestik. Asalkan kamu dapat menonjolkan ciri khas dari destinasi wisata tersebut maka akan semakin banyak wisatawan datang.

  • Amenity

Amenity mengacu pada aspek hospitality. Sebagai contoh ialah perhotelan dimana pelaku usaha harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Wisatawan yang semakin peduli terhadap kesehatan, kebersihan dan keamanan maka kamu bisa menerapkan konsep penginapan yang menjunjung tinggi kebersihan, jauh dari keramaian dan minim kontak langsung.

Kamu harus jeli dalam membaca situasi dan trend sekarang supaya bisa memasarkan produk industri kreatif secara efektif. Dengan mengimplementasikan tiga kunci utama dari kemenparekraf, maka perkembangan industri kreatif di Indonesia 2021 akan semakin pesat.