Bagaimana Amlodipine dapat Digunakan untuk Mengobati Angina

Angina adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penyakit jantung yang terjadi ketika tidak cukup darah mengalir ke otot-otot jantung. Amlodipine, obat yang biasa digunakan untuk angina, bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Ini sering diresepkan untuk pasien yang tidak mampu ditangani dengan nitrat atau beta blocker.

Penting bagi Anda untuk minum obat ini dengan makanan. Anda juga harus menghindari jus jeruk bali saat mengonsumsi Amlodipine karena dapat meningkatkan kadarnya dalam tubuh Anda yang dapat menyebabkan tekanan darah terlalu rendah yang dapat menyebabkan pusing, mual, atau pingsan.

Amlodipine termasuk dalam keluarga obat penghambat saluran kalsium dan digunakan dalam pengobatan angina. Ini biasanya akan bekerja dengan mengendalikan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan melebarkan pembuluh darah. Amlodipine sering diresepkan ketika beta-blocker atau nitrat tidak dapat ditoleransi.

Amlodipine juga dapat digunakan untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah stroke pada orang yang tidak dapat menggunakan beta blocker atau diuretik. Penting untuk dicatat bahwa Amlodipine bukan untuk semua orang yang menderita angina, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum minum obat untuk menentukan apakah itu tepat untuk Anda.

Efek Samping Amlodipine

Salah satu efek samping utama Amlodipine adalah tekanan darah rendah. Penggunaan alkohol atau tembakau, obat-obatan tertentu, dan perubahan posisi tubuh (berdiri) dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Jika Anda mulai merasa pusing atau pening, segera duduk. Anda juga harus menghindari aktivitas seperti mengemudikan mobil dan mengoperasikan mesin berbahaya karena dapat memperburuk gejala Anda.

Amlodipine juga dikaitkan dengan sakit kepala, tetapi biasanya ringan dan hilang dalam beberapa hari. Efek samping umum lainnya mungkin termasuk pusing, mual, sembelit, sakit perut, atau bengkak di kaki/pergelangan kaki. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini saat menggunakan Amlodipine, beri tahu dokter Anda.

Amlodipine hanya tersedia dengan resep dokter dan harus diminum setiap hari, bahkan jika Anda merasa sehat. Jika Anda melewatkan dosis Amlodipine, minumlah sesegera mungkin. Namun, jika sudah hampir waktunya untuk dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan dengan jadwal rutin Anda. Jangan mengambil dosis ganda obat ini.

Jika Anda mengalami nyeri dada yang parah, sesak napas, atau detak jantung tidak teratur setelah mengonsumsi Amlodipine, segera hubungi dokter Anda.

Amlodipine efektif untuk menangani masalah angina. Anda bisa dapatkan obat ini dengan harga Amlodipine 10 mg Hexpharm di apotek yang cukup terjangkau.