Cara Memilih Mesin Laminating Terbaik

 

 

Agar dokumen penting terhindar dari kotoran atau kerusakan, langkah yang tepat adalah melaminating dokumen tersebut menggunakan mesin laminasi. Di pasaran, banyak sekali mesin untuk laminating meskipun bentuknya sama.

 

Contohnya seperti mesin untuk laminating A3, mesin untuk laminating roll, mesin untuk laminating kertas ukuran A4 dan masih banyak jenis mesin untuk laminating lainnya.

 

Karena spesifikasi atau kualitas mesin berbeda banyak yang bingung memilih produk mesin tersebut. Tapi tenang karena disini kami membahas cara mudah menemukan mesin untuk laminating terbaik, berikut caranya :

 

1. Pilih ukuran mesin yang sesuai

 

Mesin laminating umumnya banyak digunakan untuk melapisi tiga jenis ukuran kertas, seperti ukuran kartu, ukuran kartu A3, dan juga ukuran A4. Seharusnya tidak masalah dengan pemilihan ukuran mesin dengan kertas yang dipakai.

 

Hanya saja semakin besar mesin untuk laminasi, semakin nyaman pula untuk digunakan. Contohnya, jika membeli mesin untuk laminating ukuran kartu, kertas ukuran tersebutlah yang hanya dapat dilaminasi.

 

Namun, jika memilih mesin yang ukurannya A3, kamu bisa melaminasi dokumen hingga yang berukuran kecil sampai kertas berukuran A3.

 

2. Sesuaikan dengan tebal laminating film

 

Ketebalan plastik untuk laminasi bisa sangat berbeda sesuai mesin yang akan digunakan. Akan lebih bijaksana jika memilih laminating film yang ketebalannya sesuai mesin dan kebutuhan masing-masing.

 

Laminating film yang punya ketebalan 100 micron umumnya dapat digunakan untuk printing-out-paper yang ditempel di beberapa toko. Laminating film 100 mikron juga menjadi ketebalan plastik yang paling sering digunakan.

 

Laminating film yang punya ketebalan 150 mikron umumnya digunakan untuk buku menu yang ada di restoran atau juga di beberapa toko karena jauh lebih kuat dan juga tebal dibanding laminating film lainnya.

 

3. Perhatikan tipe roller mesin

 

Hasil laminating yang kamu dapat juga dipengaruhi tipe roller setiap mesin yang kamu pilih. Di pasaran, setidaknya ada tiga tipe roller yang dapat digunakan. Di mana tipe roller tersebut sesuai dengan jumlahnya, yakni dua roller, empat roller hingga enam roller.

 

Tipe dua roller adalah jenis yang paling cocok untuk laminating beberapa dokumen kecil. Umumnya tipe ini memakai pemanas khusus agar dokumen bisa mendapat tekanan yang optimal.

 

Tipe empat roler sering digunakan untuk laminating  berbagai dokumen sesuai dengan yang dibutuhkan penggunanya. Tipe ini dilengkapi alat yang tidak dapat ditarik. Akhirnya hasil laminating menjadi lebih rapi.

 

Terakhir adalah tipe enam roler yang biasanya sering digunakan di jasa percetakan ataupun kantor. Proses laminating sangat cepat karena dapat melaminating beberapa dokumen sekaligus.

 

Itu tips memilih mesin laminating terbaik yang bisa kami bahas. Mesin ini tentunya sangat mempengaruhi hasil laminating yang kamu lakukan.