Desain Rumah Yang Baik Harus Lebih Dari Sekedar Keberlanjutan

Efisiensi energi sangat menonjol akhir-akhir ini, seperti halnya keberlanjutan, dan ramah lingkungan serta bertanggung jawab. Semua ini bagus – tetapi berapa biayanya untuk kesehatan kita?

Baru-baru ini saya melihat kisah pertunjukan rumah yang populer di rumah modular, sedang dibangun secara prefabrikasi dan kemudian dipasang bersama di tempat. Rumah itu dibangun dari sesuatu seperti bahan gaya sandwich – polystyrene diapit di antara lembaran baja colorbond atau aluminium. Ini bagus untuk esky. Apakah Anda ingin tinggal di esky?

Hal utama tentang semua efisiensi energi ini adalah bahwa panas disegel ke mana pun Anda inginkan – di dalam atau di luar, tergantung pada iklim Anda. Untuk melakukan itu, Anda perlu mencegah sumber pertukaran panas. Itu berarti menyegel draft. Cara lain untuk mengatakan “penyegelan angin” adalah “menghentikan aliran udara”.

Apa yang terjadi pada penghuni sebuah rumah ketika aliran udara dihentikan?

Hal lain yang akan jasa desain rumah jakarta Anda perhatikan tentang eskys adalah bahwa ketika uap air masuk, ia tetap masuk. Jadi ketika Anda membiarkan udara lembab masuk (dan mari kita hadapi itu, udara lembab, itu perlu untuk kesehatan kita) dan suhu turun, kelembaban di udara mengembun. Di dinding dan lantai dan langit-langit Anda yang terisolasi dengan baik. Apa yang terjadi ketika uap air terbentuk dan tetap berada di permukaan? Itu benar – cetakan.

Anda tentu saja dapat menghilangkan banyak kelembapan dan dengan demikian mencegah kelembapan, dan meningkatkan aliran Anda, dengan cara mekanis – memasang AC. Sekarang Anda tinggal di esky yang diatur suhunya. Dan efisiensi energi Anda baru saja keluar dari jendela berlapis tiga.

Alternatifnya (dan disukai oleh Ahli Biologi Bangunan) adalah Anda membangun rumah yang sesuai dengan iklim di mana ia akan berada. Ini melibatkan mengetahui iklim dan musim setempat, termasuk dari mana angin datang, kisaran suhu, curah hujan, dll. , dan mendesain rumah yang sesuai dengan aspek tersebut, serta kebutuhan penghuninya. Jadi jika Anda tinggal di daerah beriklim hangat (misalnya Ipswich, yang memiliki iklim ini, dengan beberapa aspek subtropis), Anda akan merancang untuk musim panas yang lembab, dengan badai sore hari dengan banyak curah hujan dalam waktu singkat. waktu. Anda akan mendesain untuk musim dingin yang tajam, dingin, dan sebagian besar kering, tetapi tidak untuk cuaca beku yang lebat. Anda akan memasukkan aspek keberlanjutan sosial seperti kemudahan akses ke seluruh rumah untuk penghuni lanjut usia, serta area untuk penghuni muda untuk bermain dan berlari. Keselamatan, di dalam dan di luar, serta keamanan juga dapat dirancang ke dalam rumah dan taman (tidak hanya memasang palang di jendela – desain lansekap harus mengintegrasikan keselamatan dan keamanan serta keindahan dan fungsionalitas.

Semua aspek gaya hidup penghuni harus dipertimbangkan, sekarang dan di masa depan, dan rumah harus dirancang untuk memenuhi persyaratan tersebut, bukan hanya “ini terlihat bagus dan tetangga akan iri pada kita” dan kemudian keberlanjutan “ditempelkan” ke desain.

Bahan alami lebih disukai – terutama bahan alami dari daerah setempat. Ini bukan hanya untuk meminimalkan biaya transportasi dan energi transportasi yang disertakan dalam bangunan, ini karena produk di daerah setempat telah berevolusi agar sesuai dengan daerah setempat – kayu yang ditanam secara lokal akan sesuai dengan iklim daerah tersebut dan meminimalkan dampak buruk dari iklim dan memaksimalkan yang baik. Seorang Ahli Biologi Bangunan dapat membantu dengan desain rumah untuk hidup sehat, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ini. Seorang arsitek atau pembangun yang baik juga akan menyadari faktor-faktor ini.

Isolasi dan efisiensi energi baik, dan harus menjadi bagian dari desain rumah Anda, tetapi tidak mengorbankan kesehatan Anda.

Mungkin Anda berpikir memiliki rumah yang dirancang oleh arsitek atau dibuat khusus sesuai spesifikasi Anda mungkin terlalu mahal. Namun, saya mendorong Anda untuk benar-benar melihat biaya, tidak hanya biaya desain dan bangunan jangka pendek, tetapi juga biaya jangka panjang untuk tinggal di rumah itu, serta kesehatan penghuni – keluarga Anda – dan cari tahu apa yang sebenarnya penting untukmu.