Jenis Cetakan dengan Kertas A3

Ukuran kertas A3 termasuk salah satu jenis kertas yang juga tersedia di percetakan. Kertas ini memiliki detail ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan A4 atau bisa dibilang dua kali lipatnya. Anda juga bisa memilih jenis cetakan tertentu dengan menggunakan kertas A3 ini.

Macam-macam Cetakan A3

Kertas A3 memiliki ukuran 29,7 x 42 cm. sedangkan untuk A3+ ukurannya adalah 32.9 x 48.3 cm. Jenis kertas ini juga biasanya banyak tersedia di tempat cetak buku terpercaya. Memang ukuran kertas A3 tergolong jarang digunakan di sekolah dan perkantoran, namun bisa digunakan juga untuk:

1. Buku LKS

Salah satu jenis dokumen atau naskah yang bisa dicetak dengan menggunakan kertas A3. Buku LKS bisa dicetak dengan ukuran yang lebih lebar dari standar kertas A4 pada umumnya. Sehingga materi pelajaran yang ingin disampaikan bisa lebih detail sesuai kebutuhan.

Jenis kertas yang digunakan untuk mencetak buku LKS pun bisa bervariasi baik dengan jenis HVS maupun buram. Untuk lebih menghemat budget, tentu kertas buram bisa menjadi solusi terbaik.

2. Poster

Salah satu  jenis dokumen yang sering dicetak dengan menggunakan kertas berukuran A3 adalah poster. Hal ini dikarenakan poster biasanya butuh dicetak dalam ukuran besar untuk menyampaikan informasi penting secara detail dalam satu halaman full.

Sehingga membutuhkan ukuran kertas yang lebih besar dibandingkan dengan A4 atau kwarto. Di dalam poster biasanya juga terdapat kombinasi tulisan dan gambar untuk memperjelas informasi yang ditulis.

3. Majalah

Jenis dokumen ini juga bisa dicetak dengan menggunakan kertas ukuran A3 untuk menonjolkan gambar dan highlight berita dengan lebih jelas. Selain dicetak di atas kertas A3, majalah juga harus dicetak dengan cetakan warna untuk menunjukkan kualitas dari majalah tersebut.

Jika Anda memiliki naskah majalah yang ingin dicetak, maka disarankan untuk memilih kertas ukuran A3 meskipun faktanya bisa juga dengan ukuran lainnya.

Jenis cetakan di atas biasa Anda coba cetak dengan menggunakan kertas A3 karena dinilai lebih cocok. Tentu saja semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing pelanggan.