Kiat-Kiat Mempelajari Dasar-Dasar Dasbor Pemasaran

Bagi mereka yang terlibat dengan pemasaran online atau kebetulan menjadi pemasar di perjalanan, pertanyaan sering muncul tentang apa itu dasbor pemasaran dan bagaimana mereka dapat menguntungkan pemasar. Istilah “dasbor pemasaran” adalah kependekan dari “dasbor pemasaran multi saluran”. Ini dapat didefinisikan sebagai representasi visual dari keseluruhan bauran pemasaran Anda pada satu layar. Dengan melihat dasbor pemasaran, Anda dapat dengan cepat dan mudah melihat sekilas seluruh gambaran tentang apa yang sedang terjadi. Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat apa itu dasbor pemasaran, mengapa dasbor itu begitu penting bagi upaya pemasaran Anda, dan apa yang seharusnya ada di dasbor pemasaran.

Multi channel marketing adalah segmen yang berkembang di dunia pemasaran. Ini melibatkan penggunaan berbagai saluran, seperti televisi, radio, dan internet untuk menjangkau pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk dan layanan Anda. Memahami saluran ini, dan bagaimana mereka bekerja sama untuk mempromosikan bisnis Anda, sangat penting untuk kampanye pemasaran yang sukses.

Dengan TV, radio, dan internet semuanya menyediakan berbagai cara untuk menjangkau audiens Anda, penting untuk memahami saluran mana yang ditargetkan untuk hasil terbaik. Jika Anda menghabiskan banyak waktu menonton televisi, Anda pasti ingin memastikan bahwa iklan Anda strategis dan sesuai dengan waktu Anda menonton. Di radio, Anda ingin memastikan bahwa pesan Anda tetap singkat, dan menghibur. Kampanye internet cenderung lebih ‘lengket’ dan perlu terus-menerus didorong kembali ke memori sehingga konsumen mengingat siapa Anda, apa yang Anda tawarkan, dan mengapa mereka harus membeli dari Anda.

Mengetahui apa yang cocok untuk Anda, dan bagaimana menyesuaikan kampanye Anda dengan tepat sangat penting untuk pemasaran yang sukses. Pakar pemasaran elevenconsignment menyarankan agar pemasar terlebih dahulu memahami jenis konten dan jenis penawaran apa yang sesuai dengan audiens mereka sebelum membuat saluran individual untuk mereka. Setelah Anda memahami apa yang diinginkan pembeli, Anda dapat mulai memikirkan saluran yang paling efektif untuk menjangkau pembeli tersebut. Anda juga perlu mempelajari cara mensegmentasi pasar Anda, frasa dan kata apa yang digunakan untuk menonjol dalam persaingan.

Mempelajari apa yang cocok untuk pembeli Anda penting untuk kampanye pemasaran yang sukses, tetapi bagaimana dengan audiens Anda? Dalam hal ini, memahami bagaimana minat audiens Anda dapat memengaruhi keputusan pembelian sangat penting untuk kesuksesan. Apakah ada saluran tertentu yang harus Anda hindari, atau adakah frasa dan kata tertentu yang membawa kesuksesan dalam kampanye pemasaran? Saat Anda mempelajari dasar-dasar pemasaran, akan sangat membantu untuk mengingat pertanyaan-pertanyaan ini saat Anda mengevaluasi opsi pemasaran apa yang paling cocok untuk Anda.

Memahami mengapa pelanggan bereaksi berbeda terhadap saluran pemasaran tertentu dapat menjadi penting dalam menyesuaikan kampanye dengan pelanggan yang tepat. Beberapa pelanggan dimatikan oleh prospek kampanye pemasaran email, misalnya, tetapi yang lain mungkin bereaksi positif jika Anda mengembangkan hubungan pribadi dengan mereka melalui pertemuan tatap muka. Saat Anda mempelajari dasar-dasar pemasaran, akan sangat membantu jika Anda memahami cara kerja setiap saluran dan jenis respons yang Anda cari. Jika Anda mengembangkan kampanye berdasarkan tanggapan pelanggan, ada baiknya mempertimbangkan apakah pesannya dipahami dan apakah perusahaan memberikan nilai setelah pelanggan mengeklik.

Mempelajari apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan Anda dapat membantu memandu kampanye Anda di masa mendatang. Misalnya, jika Anda memahami bahwa pelanggan Anda lebih suka membeli produk fisik, daripada mengisi formulir, Anda dapat membuat konten yang lebih menarik bagi audiens Anda. Rancang formulir keikutsertaan di mana pengunjung dapat dengan mudah berlangganan daftar Anda atau memberikan informasi kontak mereka. Video yang menjelaskan mengapa produk adalah pilihan terbaik juga dapat meningkatkan langganan. Saat Anda mempelajari dasar-dasar pemasaran, akan sangat membantu untuk mengingat kiat-kiat ini, karena akan terbukti berguna saat mengevaluasi saluran yang berbeda.

Menjaga saluran Anda berjalan dengan lancar membutuhkan pemahaman yang baik tentang pelanggan Anda. Saat Anda mempelajari dasar-dasar pemasaran, akan sangat membantu untuk mengevaluasi elemen mana yang membuat saluran yang Anda pilih berjalan dengan lancar dan mana yang menghambat keefektifannya. Apakah perusahaan Anda fleksibel? Apakah Anda memiliki promosi atau acara khusus? Pastikan Anda memilih media yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda, dan usaha Anda akan dihargai.