Mengapa Bisa Gagal Saat Cek Resi⁣ Pengiriman

 

Dalam urusan belanja online tentu ada yang namanya nomor resi dan Anda harus melakukan cek resi. Nomor resi merupakan sebuah nomor untuk melakukan pelacakan dari barang yang Anda beli secara online, saat dikirim oleh penjual. Setelah penjual mengirimi Anda nomor resi, tentu anda bisa langsung melakukan pengecekan nomor resi dan mengetahui posisi barang.

Namun ada kalanya seseorang tidak bisa melakukan cek resi. Setidaknya ada beberapa penyebab yang bisa menjadi alasan mengapa hal tersebut terjadi.

1. Server Bermasalah

Yang pertama tentu saja melakukan pengecekan alamat resi bisa jadi bermasalah karena server dari pihak jasa pengiriman mengalami kendala yaitu masalah. Seperti misalnya karena terlalu banyak orang yang melakukan pengecekan resi secara bersamaan sehingga sistem menjadi terganggu.

Akses ke sistem menjadi lambat hingga terputus beberapa detik dan menyebabkan web pengecekan resi, jadi tidak bisa dibuka sama sekali. Server sedang mengalami gangguan tentu saja Anda tidak bisa melakukan pengecekan nomor resi.

2. Salah Input Nomor Resi

Lalu selanjutnya kesalahan ketika lacak paket dengan menggunakan nomor resi yaitu karena adanya kesalahan input nomor resi. Ketika anda salah memasukkan nomor resi maka muncul sebuah pemberitahuan bahwa nomor resi yang diinput.

Untuk diketahui bahwa nomor resi tidak hanya selalu angkat tapi juga bisa berupa gabungan antara angka dan huruf. Untuk itu, ketika melakukan penginputan nomor resi apalagi secara manual tidak dengan sistem “copy” maka anda harus diperhatikan benar-benar agar tidak salah input.

3. Nomor Resi Palsu

Ada juga kondisi dimana melakukan pengecekan Resi tidak bisa dilakukan karena nomor resi yang diberikan adalah palsu. Ini tentu saja indikasi dari toko online abal-abal. Maka dari itu harus pastikan bahwa berbelanja pada toko online yang terpercaya dan punya rating tinggi. Jangan tergiur pada tokoh yang memberikan harga atau penawaran yang murah bahkan dengan harga rendah. Ini bisa saja menjerumuskan Anda ke hal-hal penipuan dan sangat merugikan.

4. Kesalahan Pada Pihak Pengiriman

Pengecekan nomor resi bisa saja mengalami kegagalan yang disebabkan oleh pihak pengiriman. Ketika anda merasa sudah benar menginput nomor resi saat melakukan pengecekan namun tetap invalid, maka bisa tanyakan kepada pihak pengirim nomor resi tersebut yaitu penjual barang. Biasanya pihak penjual akan mengirimkan bukti nomor resi lewat WhatsApp ataupun SMS setelah paket dikirim ke ekspedisi.

Namun tentu bisa saja karena human error, yang menyebabkan kekeliruan pada pengiriman nama resi. Jika sudah begini tentu saja anda akan gagal terus melacak keberadaan paket.

5. Kesalahan Lainnya

Cek resi bisa mengalami kegagalan saat anda melakukan pemeriksaan nomor resi melalui pihak ketiga. Artinya anda sedang melakukan pengecekan nomor resi melalui website ataupun aplikasi. Pada website atau aplikasi ini tentu saja bisa mengalami gangguan pada server yang sedang bermasalah.

Jika hal ini terjadi maka tentu saja Anda harus melakukan pelacakan nomor resi langsung di web ekspedisi pengiriman. Saat Anda bisa melakukan pelacakan resi di web ekspedisi, maka tentu saja ada kesalahan pada tools pihak ketiga.

Itu tadi beberapa alasan yang menjadi penyebab cek resi mengalami kegagalan. Nah bagi Anda yang ingin melakukan pelacakan nomor resi lebih cepat dan akurat secara real-time bisa melakukannya lewat Shipper. Di Shipper, Anda tinggal memasukkan nomor resi setelah itu langsung muncul pemberitahuan keberadaan di mana posisi paket anda.