Trik Hemat Bahan Bakar Innova dan Perawatan Mumpuninya, Wajib Coba!

Sebagai salah satu produk mobil terlaris besutan Toyota hingga saat ini, wajar jika banyak bermunculan trik untuk bisa menggunakan Innova untuk jangka panjang tanpa masalah. Termasuk trik bagaimana supaya bisa menghemat bahan bakar. Pasalnya, mobil kategori MPV ini sering dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

Mobil multifungsi yang merupakan penyempurnaan dari Toyota Kijang ini, secara umum memiliki kualitas mesin yang sudah sangat bandel. Tapi untuk masalah bahan bakar, ada yang menyebutnya cukup boros sehingga pemilik harus mengeluarkan dana besar untuk memastikan bahan bakar cukup selama perjalanan jauh. 

 

6 Trik Hemat Bahan Bakar Mobil Innova

Sebagai referensi, secara umum untuk Innova berbahan bakar diesel mampu berjalan sejauh 14 km/liternya. Lebih hebat dibandingkan dengan versi matic yang konsumsi bahan bakarnya 10 km/liter. Yang lebih mumpuni adalah, varian Reborn yang bisa melewati 17 km/liternya. Jika Anda ingin menghemat lebih maksimal konsumsi bahan bakarnya, bisa melakukan enam trik berikut ini.

Pemilihan Oli

Tidak semua oli cocok untuk mobil Innova, jika salah memilih oli dampaknya adalah pada performa mesin dan ujung-ujungnya membuat bahan bakar jadi boros. 

Triknya, untuk mobil MPV keluaran di bawah tahun 2014 disarankan untuk memilih oli jenis cair supaya bisa cepat meresap dan membantu kinerja mesin. Termasuk, menjaga kondisi komponen agar tidak mengalami gesekan yang akan berdampak pada pemborosan bahan bakar.

Sedangkan untuk mobil keluaran 2014 ke atas, sebaiknya menggunakan pelumas yang teksturnya lebih kental. Fungsinya, akan membantu melapisi permukaan mesin dengan lebih baik sehingga kemampuan mesin bisa bertahan dalam waktu lama. 

Jenis oli ini juga akan mengurangi potensi kerusakan mesin yang akan berdampak pada penggunaan bahan bakar.

 

Penggunaan AC

Untuk perjalanan dalam kota yang tidak terlalu jauh, sebaiknya minimalisir penggunaan AC karena tarikannya akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Kecuali, jika kondisi cuaca memang benar-benar panas.

AC yang dihidupkan terlalu lama akan membuat mesin bekerja ekstra, otomatis penyerapan bahan bakar juga akan ekstra. Jadi, jangan salahkan mobilnya saja ketika boros bahan bakar karena Anda yang menyebabkan pemborosan tersebut gara-gara selalu pakai AC.

Dengan meminimalisir penggunaan AC, kinerja mesin akan lebih normal dan penyerapan bahan bakar juga normal.

Tekanan Ban 

Pastikan untuk membuat tekanan ban berkisar 36 Psi, supaya gesekan antara ban dengan permukaan tanah bisa diminimalisir. ketika gesekan minim, kinerja mesin juga akan terpengaruh sehingga ujung-ujungnya penggunaan bahan bakar akan lebih hemat.

Pakai trik ini ketika Anda akan menggunakan Toyota Innova untuk perjalanan jauh, dimana selain menghemat bahan bakar juga akan meminimalisir masalah pada mesin dan komponen lainnya.

Teknik Memperlambat Laju Mobil 

Untuk Anda yang terbiasa “kasar” saat mengganti persneling, sepertinya harus belajar lebih lemah lembut saat melakukannya. Ketika akan pindah persneling, pastikan untuk mengurangi tekanan gas terlebih dahulu. Agar, perubahan kinerja meski tidak menyebabkan penyerapan bahan bakar berlebih.

Bisa juga dengan menetralkan persneling terlebih dahulu, dari persneling lebih tinggi menuju yang lebih rendah.

Perawatan Tepat Waktu

Jangan abaikan untuk melakukan servis dan perawatan mesin tepat waktu, sesuai jarak tempuh dan klasifikasi servis mobil ini. Selain menjaga kondisi komponen agar tetap mumpuni, juga akan membuat kinerja mesin tidak bermasalah. Jika bermasalah, imbasnya tentu pemborosan bahan bakar.

 

Beban Seminimal Mungkin

Usahakan untuk menempatkan beban seminimal mungkin di dalam kendaraan Anda, ketika melakukan perjalanan jauh. Ini juga akan membantu membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih hemat dari kondisi normal.

 

Perawatan Terbaik Untuk Innova, Bisa Bantu Hemat Bahan Bakar

Selain perawatan melalui servis berkala yang dilakukan, ada juga perawatan sendiri yang perlu diterapkan. Seperti, memanaskan mesin terlebih dahulu saat pertama dihidupkan minimal lima 15 menit. Kemudian mengecek air pada karburator secara berkala, dengan mengecek tabung yang terdapat di bagian depan mesin. Anda juga perlu mengecek ketersediaan oli dan warnanya, apakah masih aman untuk dipakai atau sudah layak ganti. Jika sudah paham tentang trik hemat bahan bakar untuk mobil Innova, saatnya Anda untuk mempraktekannya langsung pada mobil kesayangan. Supaya Anda tidak lagi harus merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk membeli bahan bakar.